oleh dank
2018-08-09 04:27:47   |   Kategori umum  |   Dibaca 210 kali

PEMBUKAAN PRA LKS SMK JAWA TIMUR

 

Baru pada tahun ini, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur mengadakan gelaran Lomba Pra LKS untuk siswa SMK. Gelaran lomba Pra LKS diikuti dari para SMK-SMK yang pernah menjadi juara pada masing-masing bidang lomba pada tahun 2017, 2016 dan 2015. SMK Negeri 1 Mojokerto yang tahun 2017 pada gelaran LKS di Banyuwangi mendapatkan kejuaraan sebagai juara I Bidang Lomba Automobile Technology, Juara I Bidang Lomba Network Support dan Juara III pada Bidang Lomba IT Software for Business pada kegiatan Pra LKS ini mengirimkan 3 wakil dengan bidang lomba yang sama.

Pra LKS SMK tahun 2018 diadakan di Kabupaten dan Kota Pasuruan yang tersebar di 12 SMK dan 1 SMK di Malang. SMK Negeri 1 Mojokerto diundang untuk mengikuti Pra LKS pada Bidang lomba Automobile Technology, Network Support dan IT Software for Business. Pelaksanaan lomba Automobile Technology ada di SMK Negeri 1 Sukorejo sedangkan Network Support ada di SMK Negeri 1 Pasuruan sementara itu IT Software for Business dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pasuruan.

Kegiatan lomba dilaksanakan dari tanggal 30 Juli 2018 sampai dengan 01 Agustus 2018 dan Technical Meeting dilakukan pada tanggal 29 Juli 2018 di lokasi masing-masing bidang lomba. Acara pembukaan dilaksanakan di SMK Negeri 1 Purwosari tanggal 30 Juli 2018 pagi oleh Saiful Rachman selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur berlangsung secara meriah dengan berbagai acara yang sudah disiapkan oleh tuan rumah acara pembukaan. Acara pembukaan juga dihadiri oleh Pelaksana Harian (Plh) Bupati Pasuruan, Agus Sutiadji, Kabid Pendidikan SMK Dispendik Jatim, Hudiono, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jatim untuk Kota dan Kabupaten Pasuruan, Indah Yudiani dan undangan lainnya.

Menurut Saiful, LKS adalah salah satu langkah pemerintah untuk menyeleksi sekaligus mendapatkan siswa-siswi SMK terbaik dari Jawa Timur untuk selanjutnya dibimbing lebih lanjut serta diikutsertakan pada kompetisi keahlian tingkat nasional hingga internasional. Sedangkan Pra Lomba adalah ajang untuk mengumpulkan para jawara yang diadu dalam 35 bidang, diantaranya Autobody repair, CNC Turning, Mobile robotics, Mechatronics, Information technology, Post harvest tech, Agronomy, Automobile tech, Landscaping and gardening, Welding, CNC milling, Plumbing and heating, Refrigerstion and Air conditioning, Restaurant service, Hotel accommodation, Accounting dan bidang lainnya.

“Kalau untuk pra ini hanya ratusan siswa saja, karena mereka adalah para juara di masing-masing bidang. lebih siswa dan guru pembimbing akan berkompetisi menampilkan karya terbaiknya, sehingga nanti ketika LKS ketiga, kita akan pertandingkan lagi sampai ketemu siapa yang nanti bisa mewakili Jatim dalam LKS Nasional,” terangnya.

Ditambahkan Saiful,  LKS SMK merupakan agenda rutin tiap tahun yang disiapkan sebagai panggung untuk menampilkan kemampuan dan keahlian tiap SMK se-Jawa Timur. Lewat kompetisi ini, masing-masing SMK diharapkan saling tergugah untuk menciptakan inovasi dan terangsang kreativitasnya.

“Melalui LKS ini ketahuan SMK mana saja yang betul-betul produktif dan ungulan karena banyak sekali bidang yang kita lombakan,” pungkasnya.

Sementara itu, Plh Bupati Pasuruan, Agus Sutiadji menegaskan bahwasanya Gelaran LKS SMK bisa dijadikan barometer untuk mengukur keberhasilan proses pembelajaran di SMK, serta membangun SMK menjadi lebih baik lagi.

“Saat ini sumber daya manusia yang andal sangat diperlukan terutama untuk dunia industri. Tantangan SMK mendatang harus mampu menyiapkan anak didik yang berkualitas dan sesuai keinginan pasar,” ucap Agus dalam sambutannya