oleh dank
2020-12-04 09:42:31   |   Kategori umum  |   Dibaca 386 kali

Mengutip dari Liputan6.com jumlah pencari kerja di tengah pandemi Covid-19 terus meningkat. Situasi tersebut berkebalikan dengan minimnya jumlah lapangan kerja di era krisis saat ini. Menurut data pendaftar program Kartu Prakerja,disampaikan oleh menteri Airlangga Hartarto ada 39 juta orang yang kini masih mencari pekerjaan. Dari jumlah tersebut, hanya sekitar 5,6 juta saja yang memenuhi persyaratan untuk bisa ikut program pelatihan. "Jadi angkanya lebih dari 33 juta (orang) membutuhkan lapangan kerja," kata Airlangga Hartarto dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi, Kamis (22/10/2020).

Sebagai tindak lanjut dari Program Pengembangan Karier Siswa (PPKS), SMK Negeri 1 Mojokerto mengadakan kegiatan Job Fair yang dilaksanakan secara online dan offline bersama beberapa IDUKA yang telah bekerja sama yaitu PT. Surabaya Autocomp Indonesia, PT. Indomarco Prismatama, PT. Lion Superindo, PT. MAP, PT. Catur Kokoh Mobil Nasional, PT. Medion, CV Laris Motor, PT. Sabira Amanah Jaya, PT. Alfian Jaya, PT. Tirta Persada Enviro dan LPK Nagasaki. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 10 November 2020 sekaligus memperingati Hari Pahlawan. Kegiatan rekrutmen yang dilaksanakan hanya 1 (satu) hari ini mampu menjaring lebih dari 10.000 pencari kerja untuk mengisi 1000 an lowongan yang tersedia.

PT. Yazaki Mojokerto atau sering disebut dengan PT. Surabaya Autocomp Indonesia (PT. SAI). Merupakan salah satu IDUKA yang menjadi favorit para pencari kerja dengan melihat jumlah pencaker yang mendaftar secara online yaitu lebih dari 3000 orang. Untuk dapat bekerja maka pencaker harus melewati beberapa tahap tes kerja oleh PT SAI. Pada tanggal 1 – 3 Desember 2020 telah diadakan tes kerja untuk tahap I dan berikutnya segera menyusul untuk tahap-tahap berikutnya.