oleh ach
2018-08-27 12:35:47   |   Kategori umum  |   Dibaca 209 kali

"Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd"

 

Idul Adha Tahun 2018 yang bertepatan pada 10 Dzulhijjah 1439 H, diperingati oleh seluruh warga SMK Negeri 1 Mojokerto pada Hari Rabu, 22 Agustus 2018. Peringatan hari raya Idul Adha atau kita kenal dengan hari raya Haji diawali dengan Sholat Ied pada Hari Rabu, 22 Agustus 2018, Pukul 06.00 WIB di Masjid Al-Bayruni SKANESA, dengan Imam dan Khotib, Ustad Nasrudin Latif, M.Ag.

Penyembelihan hewan qurban sejumlah, 2 ekor sapi dan 2 ekor kambing dari siswa dan 4 ekor sapi dan 2 ekor kambing dari bapak/ibu guru, dilaksanakan pada Hari Kamis, 23 Agustus 2018, sekaligus membagikannya kepada siswa, guru karyawan, dan warga sekitar SKANESA.

 

Dalam khutbahnya Ustad Nasrudin Latif, M.Ag mengingatkan kepada jama’ah Sholat Ied bahwa, Idul Adha ialah hari raya yang diperingati oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia dalam rangka mengenang pengorbanan Nabi Ibrahim AS berhasil memegang teguh keimanannya kepada Alloh SWT. Ibrahim AS menunjukkan kerelaan untuk mengorbankan putranya Ismail AS, tetapi putranya tersebut digantikan dengan kambing oleh Alloh SWT.

Inti dari seluruh khutbah yang disampaikan adalah, seperti firman Allah dalam AL-Qur’an, Surat Al-Hajj:

 

لَنْ يَّنَالَ اللهَ لُحُوْمُهَا وَلاَدِمَاؤُهَا وَلَكِنْ يَّنَالُهُ التَّقْوَى مِنْكُمْ كَذَالِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا اللهَ عَلَى مَاهَدَاكُمْ وَبَشِّرِ الْمُحْسِنِيْنَ (الحجّ: 37)

 

yang artiya: “Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.” (Q.S. AL-Hajj 22:37)


Peringatan Idul Adha mempunyai makna yang besar, semoga dapat memotivasi dan mendorong keluarga besar SMK Negeri 1 Mojokerto, sebagai seorang Muslim untuk lebih peduli, semangat berbagi, dan melaksanakan ibadah secara maksimal di hari-hari ini dan hari-hari berikutnya.


"Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd"