oleh Lilik MH
2019-05-08 14:41:50   |   Kategori umum  |   Dibaca 25 kali

 

Dengan semakin berkembangnya teknologi, maka semakin memudahkan dan meringankan pekerjaan munusia. Ini sisi yang sangat menguntungkan bagi kita. Namun, di sisi lain, tenaga kerja yang awalnya mendapat kemudahan dengan adanya mesin, lambat laun pastinya akan tergeser.

 

Hal ini pasti meresahkan bagi tenaga – tenaga muda yang potensial. Bagaimana tidak? Segala pekerjaan yang biasa dikerjakan oleh tenaga manusia, sudah tergantikan oleh mesin. Berarti tertutup sudah lapangan kerja.

 

Apa kita harus sedih?

Pikiran tak berdasar. Menghadapi masalah tidak cukup dengan sedih. Sedih pun, tidak akan mengembalikan pada era sebelumnya. Jadi kita perlu perpikir positif, bahwa segala perubahan akan mendatangkan keuntungan.

 

Sebenarnya, bila kita pikirkan lebih dalam lagi, justru keadaan ini akan memicu kreativitas kita. Bagaimana kita dapat memanfaatkan kemajuan teknologi ini dengan baik dan dapat memberikan keuntungan bagi kita. Artinya, kita akan bekerja dengan lebih kreatif, tanpa banyak membuang tenaga.

 

Jadi, mau tidak mau, kita harus selalu siap dengan segala perubahan. Harus dapat berkreasi yang mendatangkan keuntungan melalui kemajuan ini. Era 4.0 bukan musuh kita, mari kita sambut, kita akrabi, dan pada akhirnya kita syukuri keberadaanya. (mh.)