oleh Mohammad Saroni
2022-12-23 08:27:13   |   Kategori umum  |   Dibaca 87 kali

Hidup ini adalah rangkaian perisitiwa yang terjadi setiap saat. Peristiwa-peristiwa itu menjadi jejak sejarah yang sangat berarti. Hal ini karena peristiwa itu akan menjadi monumen hidup. Tetapi, peristiwa-peristiwa itu tidak akan berarti jika dibiarkan berpendar begitu saja.

Oleh karena itu, maka perlu ada upaya untuk mengikat peristiwa tersebut sehingga benar-benar menjadi jejak hidup. Salah satu cara untuk mengikat peristiwa adalah dengan tulisan. Kita harus menuliskan semua peristiwa dalam berbagai bentuk, baik dalam bentuk fiksi maupun nonfiksi.

Terkait hal tersebut, maka hari Kamis tanggal 22 Desember 2022, Komunitas Sangkar Buku (Kosabu) mendapat undangan dari Tim Kesiswaan untuk mendampingi para siswa SMKN 1 Kota Mojokerto untuk pelatihan jurnalistik. Bertempat di gedung biru yang berdampingan dengan Ruang perpustakaan, kegiatan dilaksanakan dengan penuh semangat.

Kegiatan diikuti oleh sekitar 40 siswa dan 4 orang guru. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pelatihan penulisan jurnalistik kepada para siswa.

Kegiatan pelatihan berlangsung lancar dari pukul 08.30 hingga 11.45. Begitu gayengnya acara sehingga tidak terasa mengalami perpanjangan waktu dari jadwalnya. Peserta memperhatikan setiap informasi yang diberikan oleh narasumber.

Sementara itu, follow up kegiatan ini adalah terbitnya buku antologi siswa. Tema yang diusung adalah kurikulum merdeka belajar dalam bentuk opini. Ini menjadi tugas siswa selama liburan semester I. Dan, hasil tulisan siswa harus dikumpulkan pada saat masuk pembelajaran di bulan Januari 2023. Naskah yang terkumpul akan dikelola untuk diproyeksikan menjadi buku tulisan antologi opini siswa terkait Kurikulum Merdeka Belajar.

Semoga program yang sudah tertata ini dapat mencapai kondisi optimal. Dan, kegiatan pelatihan hari ini dapat menjadi titik awal dari kegiatan menulis dan memproduk tulisan bersama para siswa.

Salam literasi!!